Pentingnya Merawat Payudara Ketika Menyusui

Pentingnya Merawat Payudara Ketika Menyusui – Menyusui sangat dianjurkan untuk ibu anak. ASI (ACE) menyediakan nutrisi ideal (vitamin, protein, lemak) dan bahkan antibodi pada pertumbuhan bayi. Menyusui juga memberi manfaat bagi ibu, seperti membantu menurunkan berat badan, mengurangi perdarahan pascapartum, dan mengurangi risiko osteoporosis, kanker payudara dan kanker ovarium.

Pentingnya Merawat Payudara Ketika Menyusui

Tapi terkadang saat menyusui, mungkin ada masalah timbul dan terjadi di payudara dan puting susu. Contohnya termasuk puting susu, puting susu kering dan retak, puting susu yang masuk, pembengkakan payudara, saluran susu terlarang, atau infeksi payudara (mastitis). Tapi melalui perawatan payudara, masalah bisa diatasi dan dicegah.

Perawatan payudara saat menyusui

Agar bayi dan bayi Anda dapat menikmati menyusui, perlakukan payudara dengan langkah-langkah berikut:

Pelajari cara memposisikan bayi dan mulut dengan benar saat menyusui. Pastikan mulut bayi Anda menutupi sebagian besar halo (daerah gelap di sekitar puting susu Anda), tidak hanya puting susu. Jika mulut bayi Anda ditempatkan dengan benar, Anda akan merasa nyaman, tidak merasa meradang, membantu mencegah rasa sakit pada puting susu dan mencegah masalah payudara lainnya. Selain itu, bayi Anda akan mendapatkan cukup ASI.

Cobalah berbagai situasi menyusui. Ada banyak situs menyusui yang bisa Anda coba. Temukan posisi terbaik untuk Anda dan anak Anda dan mintalah saran dari dokter atau bidan Anda untuk merawat dan menyusui bayinya dengan benar. Anda mungkin menemukan bahwa beberapa posisi membuat lebih mudah bagi seorang anak untuk sakit dengan benar dan jauh lebih nyaman.

Cegah anak anda menggigit. Pada usia 3-4 bulan, gigi bayi mungkin mulai tumbuh. Untuk mencegah puting agar tidak digigit, hentikan mengisap susu setelah bayi selesai menyusui atau saat tidur. Untuk berhenti menyusui, geser jari Anda ke mulut anak Anda.

Pakan bayi Anda secara teratur. Beri makan bayi setiap 2-3 jam. Anda mungkin perlu untuk membangunkan bayi di malam hari untuk menyusui. Satu kecil harus menyedot dari kedua payudara sebanyak satu hari. Jika pada pukul 8 pagi bayi tersedot dari payudara kanan dan kemudian pada 10 kaki payudara kiri.

Jika payudara Anda sakit, mulailah memberi makan bayi Anda pada payudara yang tidak sehat, lalu di pori-pori payudara. Satu sedikit perawatan lebih sering dengan lembut atau lembut pada detik.
Tempatkan tekanan dingin untuk membebaskan daerah payudara dari peradangan sebelum menyusui. Menempatkan sesuatu yang sejuk di payudara bisa membantu menumpulkan rasa sakit.

Setelah menyusui, perawatan payudara bisa diaplikasikan dengan:

Bersihkan puting susu dengan lembut tanpa menggunakan sabun atau sampo sampai bersih. Jangan gunakan alkohol, lotion atau parfum pada puting susu. Gunakan salep antibakteri untuk mengatasi puting retak.

Oleskan salep yang mengandung satu senyawa lanolin ke puting susu setelah setiap umpan. Ini akan mengurangi rasa sakit atau nyeri dan membuat penyembuhan luka lebih cepat tanpa membentuk keropeng.

Salep sebelumnya tidak perlu dicuci sebelum menyusui dan aman untuk bayi.

Sering ganti alas payudara (breast pad).

Jika payudara sakit selama menyusui, segera hentikan menyusui dan gunakan pompa ASI selama beberapa hari.

Jika Anda merasa puting susu Anda rata atau masuk, segera pergi ke dokter.

Setelah setiap menyusui, oleskan beberapa tetes susu ke puting susu Anda dan biarkan kering. Acy melembabkan dan melindungi puting dari infeksi.

Selalu pegang payudara dengan tangan bersih.

Pergilah segera ke dokter jika putingnya pecah dan payudara masih terasa sakit dan berdarah setelah 24 jam. Atau jika Anda mengalami demam, pembengkakan, dahak, atau tanda infeksi lainnya. baca juga : Cara mengatasi Nyeri pada saat Haid

Pentingnya Merawat Payudara Ketika Menyusui

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s